Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen

Kebugaran Jasmani (Physical Fitness)


Source : Pixabay.com


Kebugaran jasmani atau physical fitness dapat diartikan sebagai kondisi jasmani yang menggambarkan kebugaran jasmani atau dapat pula diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

 

Untuk memperoleh kebugaran jasmani tersebut diperlukan latihan yang Rutin. Diantaranya dengan 5 komponen berikut :

1. Kelenturan (Flexibility) :

                 Kelenturan atau Flexibility adalah Kemampuan tubuh dalam melakukan efektifitas dengan melakukan penguluran tubuh. Latihan yang biasa dilakukan yaitu gerakan seperti yoga salah satu contohnya yaitu : gerakan Hip Flexor, Downward Facing Dog Pose, Triangle Pose, dll.

                    

soruce : Pixabay.com


2. Keseimbangan (Balance) : 

                     Keseimbangan atau Balance adalah  kemampuan tubuh manusia dalam mengontrol sistem syaraf dan sistem organ tubuh, sehingga dapat dikendalikan dengan sempurna. Latihan yang biasa dilakukan yaitu berdiri dengan satu kaki, berdiri diatas tali, handstand, dll.

soruce : Pixabay.com


3. Kecepatan (Speed) : 

                      Kecepetan atau Speed adalah kemampuan organ otot tubuh manusia dalam melakukan latihan - latihan atau kegiatan dengan ritme waktu yang singkat atau cepat. Latihan yang basa dilakukan yaitu dengan berlari, bersepeda dengan statis, jumping jack, dll. 

soruce : Pixabay.com



4. Kelincahan (Agility)

                        Kelincahan atau Agility adalah kemampuan otot manusia dalam melakukan gerakan yang cepat dan tidak dilakukan dengan posisi yang sama. Olahraga yang menggunakan Agility contohnya yaitu Sepakbola. Untuk meningkatkan kelincahan, latihan lari zig-zag, naik turun tangga, melompat dengan ritme cepat, dll. 

soruce : Pixabay.com


5. Kekuatan (Strength) : 

                            Kekuatan atau Strength adalah kemampuan otot dalam menerima beban atau untuk melakukan berbagai aktifitas. Kemampuan otot dalam tubuh manusia memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Latihan yang dapat dilakukan untuk melatih Strength yaitu dengan push up, sit up, back up, pull up, plank, mengangkat barbel, dll. 


soruce : Pixabay.com











0 Response to "Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel