Materi Promosi Pelajaran Kewirausahaan SMA/SMK | Soal dan Jawabannya

Soal dan Jawaban Materi Promosi Pelajaran Kewirausahaan
1. Salah satu promosi yang dilakukan perusahaan agar produknya banyak diminati oleh konsumen adalah dengan memberikan promosi penjualan. Promosi penjualan yang dapat diterapkan salah satunya adalah dengan memberikan diskon atau obral pada produk yang dijual. Faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan pelaku usaha dalam melakukan diskon bagi produk yang dijual?

Jawab : Dalam melakukan diskon atau obral, pelaku usaha harus memperhatikan=

- Margin dari barang tersebut, jika melakukan obral, harga barang tersebut harus dinaikkan lebih tinggi dari harga sebelumnya, jadi margin yang didapat tidak mengalami kerugian.

- Penetapan dari tanggal diberlakukannya promosi, melakukan riset kepada konsumen kapan waktu yang tepat untuk melakukan obral, awal bulan atau akhir bulan. Dan jangan sampai pembeli menduga jika obral ini merupakan obral hingga seterusnya.

- Perang harga dengan pelaku usaha yang lainnya. Lakukanlah riset ke pasaran apakah dengan harga obral tersebut masuk dengan keinginan konsumen

- Kredibilitas, terkadang masa masa promo yaitu masa-masa yang ramai pembeli, jadi jika pelaku usaha mengalami kenaikan pembeli, harus tetap juga menjaga kualitas dan kredibilitas dari usaha tersebut, dan juga apa yang ditawarkan pelaku usaha kepada konsumen after buying.


2. Salah satu tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan pembelian ulang. Menurut kamu cara efektif apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian ulang konsuman?

Jawab : Untuk meningkatkan pembelian ulang, cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan

- Program membership yaitu konsuman yang telah membli produk akan mendapatkan poin, poin ini dapat dikumpulkan, jika sudah mencapai poin yang ditentukan dapat ditukar dengan hadiah atau reward dari pelaku usaha

- Program kupon, yaitu bisa dengan beli 3 gratis 1 atau dengan mengumpulkan kupon agar mendapatkan free.

- Program potongan harga untuk pembelian selanjutnya.



3. Harga pokok produksi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang. Namun dalam proses penjualannya, terdapat tambahan biaya lain seperti misalnya biaya iklan dan lain sebagainya. Jelaskan perbedaan antara harga pokok produksi dengan harga pokok penjualan?

Jawab : Perbedaan antara harga pokok produksi dengan harga pokok penjualan yaitu:

Harga Pokok Produksi = biaya yang harus dikeluarkan untuk menproduksi suatu barang, sepeti biaya tetap dan biaya verbal.

Harga Pokok Penjualan = biaya pokok untuk memproses barang dagangan yang kemudian dapat dijual kembali, seperti biaya perolehan barang tersebut, biaya angkut, dll.



4. BEP atau titik impas digunakan untuk menghitung minimal produksi yang harus dilakukan perusahaan agar perusahaan tidak mengalami kerugian meskipun juga tidak mendapatkan keuntungan. Analisislah, kapan dan seberapa seringkah titik impas dihitung agar pemilik usaha waspada?

Jawab : BEP atau titik impas sebaiknya dihitung secara berkala, misalkan sebulan sekali, atau ketika pengusaha sudah menentukan laba yang telah ditargetkan sebelumnya oleh pengusaha.

0 Response to "Materi Promosi Pelajaran Kewirausahaan SMA/SMK | Soal dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel